Kamis, 08 Desember 2011

ISTILAH-ISTILAH ANTROPOSFER

  1.      Mobilitas penduduk adalah perpindahan penduduk dari suatu daerah ke daerah lain  atau dari suatu tempat ke tempat lain, misalnya perpindahan penduduk dari desa ke kota dan sebaliknya, perpindahan penduduk dari provinsi satu ke provinsi lain, dari pulau satu ke pulau lain, dan dari negara satu ke negara lain.
    2.     Faktor yang menyebabkan seseorang melakukan mobilitas antara lain yaitu : ekonomi, politik, sosial dan budaya, keamanan, agama, dan bencana alam.
    3.     Mobilitas Penduduk Tidak Permanen
    a.     Mobilitas ulang-alik atau mobilitas harian, Perpindahan penduduk yang bersifat rutin setiap hari, misalnya penduduk desa atau pinggiran kota yang pada pagi hari pergi ke kota untuk bekerja dan sore hari pulang ke desa.
    b.     Mobilitas bermusim, Perpindahan penduduk secara bermusim dan bersifat sementara, misalnya para buruh tani yang selama ada kegiatan pertanian di pedesaan mereka tinggal desa dan ketika tidak ada kegiatan pertanian di desa mereka pergi ke kota untuk mencani nafkah tambahan.
    4.     Migrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu tempat ke tempat lain melampaui batas negara atau batas administrasi (batas bagian) suatu negara dengan tujuan menetap.
    5.     Migrasi internasional adalah perpindahan penduduk dari satu negara ke negara lain.
    6.     Imigrasi adalah masuknya penduduk ke suatu negara dari negara lain dengan tujuan menetap di negara yang didatangi. Orang yang melakukan Imigrasi disebut  imigran,  contohnya orang Malaysia datang di Indonesia.
    7.     Emigrasi adalah keluarnya penduduk dari suatu negara ke negara lain dengan tujuan menetap di negara yang dituju. Orang yang melakukan emigrasi disebut  emigran, contohnya orang Indonesia pindah ke Mesir.
    8.     Remigrasi atau repatriasi adalah perpindahan penduduk yang kembali ke tanah airnya (negara asalnya).
    9.     Migrasi nasional atau migrasi lokal adalah perpindahan penduduk dari suatu daerah ke daerah lain dalam satu wilayah negara.
    10.   Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota atau dari kota kecil ke kota besar.
    11.   Transmigrasi adalah perpindahan penduduk dari provinsi atau pulau yang padat penduduknya ke provinsi atau pulau lain yang jarang penduduknya dalam satu wilayah negara.
    12.   Ruralisasi  adalah perpindahan penduduk dari kota ke desa untuk menetap di desa. Biasanya dilakukan oleh penduduk kota yang pulang kembali ke desanya.
    13.   Evakuasi adalah perpindahan penduduk untuk menghindari bahaya yang mengancam, misalnya bencana alam dan perang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar