Rabu, 07 Desember 2011

Laporan Bidang III Jantera

Bismillahirrohmaanirrohim

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN
BIDANG III PENGABDIAN PADA MASYARAKAT
PERHIMPUNAN PECINTA ALAM GEOGRAFI-JANTERA
PERIODE 2009-2010
A.    Pendahuluan
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Illahi Robbi yang telah memberikan kesempatan kepada kita hingga sampai saat ini untuk kita memiliki jiwa yang berisikan ruh untuk berkelana di kehidupan ini. Shalawat serta salam selalu tercurah pada pembawa dan penyampai risalah Nabi Muhammad SAW.
Bidang III (Pengabdian pada masyarakat) Jantera merupakan salah satu bidang yang sampai saat ini dirasa masih diperlukan(dipertahankan) dan masih eksis mengisi hari-hari organisasi Jantera. Bidang ini diperlukan sejalan dengan salah satu dari apa yang tertuang dalam tridarma perguruan tinggi, dimana dengan adanya bidang ini diharapkan Jantera bisa mengamalkan ilmu pengtahuan, teknologi, seni dan ketarampilan terutama yang berkaitan dengan dunia kepecintalaman (lingkungan/bidang kajian Jantera) baik untuk civitas akademika UPI (anggota Jantera, mahasiswa geografi, mahasiswa UPI) pada khususnya maupun masyarakat secara luas pada umumnya untuk memberikan kepedulian pada seluruh faktor pengisi kehidupan. Walaupun pada kenyataannya, program kerja bidang ini masih belum maksimal dan optimal dapat dilaksanakan.
Program kerja yang telah disusun diawal kepengurusan dan yang muncul secara insidental tidak sepenuhnya dapat dilaksanakan, hal ini disebabkan oleh beberapa kendala yang muncul baik itu rintangan dari luar organisasi maupun kekurang/kelemahan dari dalam organisasi terutama dari bidang III itu sendiri dan juga kekurangaktifan penanggungjawab bidang III dalam organisasi.
Semoga laporan ini bisa menjadi renungan (introspeksi diri) dan koreksi dari apa yang telah dijalani bidang III sehingga nantinya melahirkan solusi bagi kemajuan Jantera dalam mengarungi hari-hari yang akan dilewati kemasa yang akan datang.

B.     Kondisi Objektif
Seperti yang telah kita ketahui bahwa Jantera merupakan organisasi kepecintaalaman yang terdapat dijurusan pendidikan geografi UPI, dimana regenerasi anggotanya dapat dilakukan terbatas hanya ruang lingkup jurusan pendidikan geografi (hanya mahasiswa geografi). Walaupun demikian dari tahun ketahun anggota Jantera terus bertambah mencapai angka lebih dari 5 orang. Penambahan jumlah anggota ini sangatlah menggembirakan mengingat ruang lingkup yang terbatas tadi dan apabila dibandingkan dengan beberapa organisasi sejenis yang terdapat di UPI baik itu tingkat jurusan maupun tingkat universitas. Penambahan jumlah anggota ini tentunya akan mendukung bagi perkembangan Jantera kedepannya.
Pada pelaksanaanya (kesehariannya/secara teknis), program kerja bidang III lebih banyak dibantu dan dikerjakan oleh anggota Jantera yang lain, baik anggota Utama maupun Anggota Muda. Ataupun yang masih aktif kuliah maupun yang sudah tidak aktif kuliah di Jurusan Geografi. Untuk seluruh dukungan dan bantuannya kami (Bidang III) mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

C.    Program Kerja
Program kerja yang disusun untuk dilaksanakan bidang III lebih difokuskan pada kegiatan yang telah dilaksanakan oleh kepengurusan sebelumnya, hal ini karena kekurangan kreatifan penanggungjawab dari Bidang III itu sendiri.
1.      Buka Bersama 1
2.      Buka Bersama 2
3.      Ulang Tahun Jantera 24
4.      Reuni Akbar Jantera
5.      Melayani permintaan pemateri untuk organisasi lain
6.      Pengelolaan Dunia Maya (Facebook dan sebagainya)
7.      Susur Patahan Lembang
8.      Berperan Dalam Misi Kemanusiaan
9.      Mading
10.  Susur Sungai Cimahi
11.  Berperan mengkampayekan berbagai masalah lingkungan
12.  Update Database Anggota Jantera

D.    Realisasi Program Kerja
Alhamdulillah sebagian besar program kerja telah dapat dilaksanakan, hal ini tidak lain dari kekuatan alam yang dicurahkan oleh Allah SWT, dan seluruh anggota yang tangguh. Kegiatan-kegiatan yang terlaksananya yaitu :
1.      Buka bersama anggota Jantera Alhamdulillah terlaksana dengan baik, dimana buka bersama ini dilaksanakan dua kali, pada bulan puasa 1428 H dan 1429 H (bulan islam).
2.      Reuni Akbar Jantera, kegiatan ini dilaksanakan untuk mengadakan silaturahmi dengan kokolot Jantera yang sudah tidak aktif dalam organisasi dan juga pendataan ulang mengenai alamat dan nomor kontak anggota Jantera kokolot.
3.      Kegiatan Insidental. Pelayanan pemberian materi, dalam hal ini Jantera menugaskan beberapa orang untuk menjadi pemateri pada berbagai moment seperti DIKLATSAR (baik di lingkungan Kampus UPI maupun luar kampus UPI), Seminar ataupun diskusi.
4.      Pengelolaan dunia maya, seperti facebook dan blog, karena sudah menjadi pusat perhatian publik khususnya di UPI itu sendiri, facebook dan blog Jantera selalu terisi oleh informasi-informasi. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dilakukan secara kontinu, dimana mading ini digunakan sebagai salah satu media untuk mensosialisasikan kegiatan Jantera ataupun kegiatan dari luar, menampilkan artikel-artikel, media pengumuman, dan lain sebagainya. Dimana pada pelaksanaannya belum dapat termanajemen dengan baik.

E.     Rekomendasi
Dari apa yang telah dilakukan, begitu banyak pengalaman dan pelajaran yang dapat diambil, begitu banyak pula kekurangan dan kelemahan yang nampak, akan tetapi bukan berarti itu semua harus kita lupakan tetapi alangkah baiknya bila kita renungi sisi mana yang mengakibatkan kekurangan dan kelemahan tersebut sehingga tidak menimpa kita dikemudian hari seperti seperti saat ini.
Dalam rekomendasi ini terdapat beberapa yang ingin kami sampaikan dengan harapan menjadi renungan kita untuk menuju Jantera yang lebih baik kedepan.
1.      Membuat program acara
2.      partisipasi dengan organisasi lain seyogyanya dilaksanakan secara terus-menerus untuk membina tali persaudaraan yang lebih erat. Dan dalam sistem pelaksanaannyapun kewajiban administrasi janganlah diabaikan (seperti surat pendelegasian menjadi pemateri di organisasi lain) ataupun dalam kegiatan lainnya.
3.      Temu Akbar Anggota (Reuni) sebaiknya lebih termanajemen dengan baik sehingga yang dapat berjalan dengan lancar dan sukses.
4.      kegiatan yang sifatnya rutin (dilaksanakan tiap tahun) seperti buka syaum bersama, peringatan ulang tahun, dan lainnya seyogyanya dikemas dan dimanajemen dengan lebih baik dan menarik sehingga keterlibatan anggota lebih bisa ditingkatkan (dalam hal kuantitas bisa lebih ditingkatkan). Dan sebaiknya sudah benar-benar disiapkan jauh-jauh hari sebelumnya.
5.      Pengaktifan buletin Jantera untuk pengkajian materi kepencinta alaman yang berkaitan dengan Geografi yang akhirnya memiliki informasi yang baru tentang kemajuan kepecinta alaman.
6.      Pengkajian AD, ART atau semua yang bersifat aturan di Jantera  sehingga penjiwaan Jantera dapat meresap ke dalam setiap anggota Jantera, contohnya seperti seorang manusia yang mengkaji wahyu-wahyu Tuhan dalam kitabnya di setiap agama.

F.     Penutup
Begitu banyak kekurangan, kesalahan dan kelemahan yang nampak ataupun yang tidak baik itu dalam laporan ini maupun dalam pelaksanaan program kerja selama 1 periode kepengurusan yang sudah dilewati, kami rasa permohonan maaf belumlah cukup untuk menutupi itu semua akan tetapi minimal itulah yang dapat kami lakukan saat ini, semoga dapat menjadi sedikit penawar bagi semua kesalahan yang telah kami lakukan. Untuk itu kami memohon maaf kepada semuanya. Semoga dilain kesempatan, kami bisa memperbaikinya secara nyata baik itu di dalam organisasi Jantera maupun di lingkungan luar dari Jantera.
Pada akhirnya kami sampaikan terima kasih dalam ucapan dan tingkah laku kepada seluruh anggota Jantera yang telah membantu kami dalam melaksanakan program kerja bidang III (Pengabdian Pada Masyarakat) semoga apa yang telah diberikan dibalas oleh Allah SWT, semoga apa yang telah kita lakukan mendapat ridho dari yang Maha Kuasa dan semoga kedepan Jantera bisa lebih baik dan menjadi suri tauladan bagi organisasi pecinta alam lainnya. Amin ya Rabbal ‘alamin…

Wassalamu’alaikum Wr Wb


Ketua Adat Jantera
Periode 2009-2010




Teuku Ahmad Hidayat
NTA. J266.27 BSL
Bandung,     November 2010
Ketua Bidang III
Pengabdian pada Masyarakat




Rosmalia Eva
NTA. J270.27 BSL





Tidak ada komentar:

Posting Komentar